Mohon maaf, kelanjoetan posting daripada ini BLOG dilanjoetken ke:

http://pattiro.net/blog/

digaboengken dengan daripada kita poenya Perpustakaan Pattiro

Silahkan berkoenjoeng!
untuk registrasi kontributor silahkan hoeboengi andymse@gmail.com
Terimakasih...

Kesan-Pesan Delegasi PATTIRO ke Jambore Forum Warga, 14-18 April 2008

Suryani Hajar – PATTIRO Jeka

Entah itu tidak efektif atau kata mereka kegiatan ini mubazir tetapi setidaknya ini mampu memberikan nafas baru melanjutkan perjuangan demokrasi yang terseok-seok an setidaknya kegiatan ini mampu membangunkan MEREKA, kalau warga masih ada untuk tetap menyadarkan MEREKA.





Sugiharto - PATTIRO Pekalongan
Ke depan agar jamboree FW yang akbar bias menghasilkan sebuah rekomendasi atau deklarasi FW untuk memperjuangkan hak-hak warga Negara terutama warga miskin di Indonesia.

Agak sedikit kecewa karena jambore FW di Makassar telah menyita waktu , tenaga dan pikiran selama 5 hari tidak menhasilkan sebuah rekomendasi atau deklarasi pernyataan sikap FW dan panitia enggak professional memfasilitasi kegiatan jambore ini.




Edi Dwi Prawoto – FORMAL, Kendal (PATTIRO Sekolah Rakyat)

Aku bisa bertemu dengan saudara2ku se –Indonesia, bisa membagi pengalaman yang harus kita respon untuk wargaku, demi kemajuan. Yang penting PATTIRO tetap eksist.

Kesan : Aku bisa naik pesawat n tau Makassar dan bisa bertemu saudara baru, yang tak bisa kulupakan selamanya. Semoga kita semua di beri kesehatan dan panjang umur, Amiiin!

Tidak lain yang tidak bisa dilupakan yaitu Mbak Adhe karena ketlatahannya yang dimiliki, masih terbayang-bayang diangkasa sana, semoga tidak cepat hilang di bawa awan. Trims.




Subhan - Community Center Sidenre (PATTIRO Jeka)

10 taun reformasi Indonesia, mari kita lahirkan ide-ide kritis pemerintah yang telah di mandatkan oleh rakyat untuk membangun bangsa dab bernegara untuk mencapai masyarakat asil dan makmur.

Pesan : Jambore adalah ajang pertemuan pemerhati ekosob, mari kita berbhineka tunggal ika, berbeda tetapi 1 jua dan sukses, mantap!









Slamet Riyadi – FORLISMA Magelang (PATTIRO Magelang)

Cukup, buat panitia hanya sedikit kurang transparan bajet, masih menonjolkan kelompok, belum optimal merumuskan resume, hasil mengambang. Jangan sampai kaukus 17++ untuk legimitasi kelompok tertentu, dengan mengatasnamakan rakyat.

Kesan Baik, tambah teman, pengalaman, ilmu bajet, tahu , Makassar, terimakasih PATTIRO atas fasilitasnya.







Sardi Ahmad – FKKB Surakarta (PATTIRO Solo)

Jambore ajang taruhan organ local di tingkat nasional. Boleh dikata jamboree tahun ini gagal namun ada keberhasilan bahwa forum warga senantiasa solid dalam mengambil suatu kebijakan fasilitator.

Kedepan PATTIRO harus berani menginisiasi masalah tersebut, FKKB sudah memulai disemua forum warga, tinggal PATTIRO mengambil peluang itu.Menebar senyum, menebar kemuliaan. Kaukus 17++senantiasa berpijak pad PATTIRO Nusantara.

Akhirnya dari cerita jamboree forum warga 08 sebagai sarana temu kangen, wisata kuliner tanpa keputusan tanpa deklarasi tanpa kesempatan forum warga. FKKB mendorong semoga PATTIRO menjadi jembatan aspirasi forum warga yang akan datang.




Patchurrohman – PATTIRO Banten
Kesan : tiada yang paling berkesan dalam setiap even selain ketemu dengan PATTIRO family, bisa curhat, tuker pengalaman, sharing gagasan dan banyak hadis-hadis PATTIRO yang bisa di bawa ke Serang.

Pesan : Panitia ke depan harus lebih professional lagi, baik dalam hal-hal teknis maupun substansi dari input, proses, output, dan hasil harus terukur dengan jelas sehingga peserta di akhir acara ada gagasan dan ide yang bias di rekomendasikan untuk kemajuan bangsa ini.




Muamar- SIKAPP BAJA, Tangerang

Pesan : Jambore perlu dioptimalkan dalam angka pemberdayan masyarakat menuju civil society.

Kesan : Airnya seret, mo mandi susah, tapi pantai Losari memberi sejuta makna yang indah he2x








Marni – Community Center Balantua PATTIRO Jeka

Menambah pengetahuan dan pengalaman. Ajang silaturahmi dan perkenalan antar daerah ( banyak temean). Sedikit paham tentang demokrasi dan reformasi (sekalipun kepalaku pusing tiap kali membahas itu hehhe..)

Pesan : kadernya semakin diaktifkan dan dilibatkan langsung dalam setiap kegiatan agar apa yang diperoleh bermanfaat bagi diri dan ummat.







Lailah – PATTIRO Semarang
Menyenangkan sekali ikut jambore forum warga. Ini merupakan pengalaman berharga, karena disana saya dipertemukan dengan orang-orang hebat di seluruh indonesia dan juga sebagai sarana untuk share pengalaman forum informasi terkait perjuangan forum warga dan para CO untuk mempengaruhi kebijakan.

Satu yg berkesan saat diskusi yang menghadirkan Jokowi, Bupati Gowa, karena ternyata masih ada pemimpin di Indonesia yang berkomitmen memperjuangkan rakyat marginal. Dibarengi denga moment ultah PATTIRO yang membuat jambore sebagai salah satu kenangan terindah yang pernah kumiliki… MARI KITA KAWAL REFORMASI MENUJU DEMOKRASI!!






Yusriani Manurung (adhe)- PATTIRO, Jakarta

Shock, stress, gemes, pengen membenahi! Terkenal --disetiap pojok jamboree ada yg memanggil PATTIRO, ntah siapa saja!-- Meriah dan secara pribadi seneng bisa menceriakan dan mengorganisir banyak orang demi kebersamaan. Menemukan penasehat spiritual yang lain dan kacamata baru -- patah karena lelah yang bersemangat -- hehehe..

Pesan : Dengan banyaknya komen cara memfasilitasi dan fasilitas vs budget yang ada selama jambore, ada baiknya kaukus lebih membagi informasi ke semua jaringan, supaya tidak ada kata-kata : “jangan-jangan….” Perlu reformasi juga kali ya kaukus-nyeee…

Untuk semua delegasi PATTIRO terimakasih atas rasa kebersamaan dan kekeluargaan ini, mohon maaf jikalau ada kata yang terucap, dan tindakan yang terlepas tak menyenangkan hati.



Adi Khisbul Wathon – PATTIRO Malang

Jambore forum warga, sangat berkesan. Asal hasilnya jangan diplotisir atau menguntungkan satu pihak saja dengan mengatas namakan rakyat. Bravo forum warga.













Kr, Adwin Sutte – PATTIRO Jeka















Wawan –FW Pakar, Lebak (PATTIRO Lebak)

Ternyata naik kapal (pesawat, red) masih juga ada gejlugan2 kayak:jalan rusak. Dalam forum yang berkesan bisa mengomentari dan menuntut 10% dari APBN untuk desa. Banyak ketemu tokoh2 nasional, ketemu Direktur PATTIRO, juga saat2 kumpul2 di Losari dan ketemu teman-teman Jeneponto, dll.

Pesan :
Keberpihakan pemerintah pusat harus implementatif di lapangan dengan mengkondisikan aparatur didaerah untuk mendukung program-program yang turun kedesa, maka perlu adanya peran eksekutif lokal yang pro rakyat, serta ketika desentralisasi lebih terfokus kedesa berikan kepercayaan pada masyarakat untuyk bisa menciptakan sesuai dengan harapan.





Zaenal – Community Center Kayulowe Barat PATTIRO Jeka

Zaenal bangga bertemu dengan teman-teman dari berbagi daerah dengan pengalaman yang berbeda.

Pesan : Semoga pertemuan ini merupakan awal perjuangan menuju perubahan yang lebih baik. ok!





0 komentar: