Mohon maaf, kelanjoetan posting daripada ini BLOG dilanjoetken ke:

http://pattiro.net/blog/

digaboengken dengan daripada kita poenya Perpustakaan Pattiro

Silahkan berkoenjoeng!
untuk registrasi kontributor silahkan hoeboengi andymse@gmail.com
Terimakasih...

Kosakata Baru Khas Magelang

"ndembig" sebuah kata pujian sekaligus umpatan

Ada kosakata baru yang masih belum akrab ditelinga kita. Kata tersebut adalah kata "ndembig".Ada yang sudah pernah dengar? Atau udah sering memakainya? Inilah Larah-larahe alias asal usul alias asbabun nuzul-nya.



Kosakata yang digunakan untuk mengumpat sekaligus memuji sesuatu maupun seseorang. Adalah Ahmad Muhibin yang sapaan resminya IBIN, namun lebih sering dipanggil CLUDUT atau MUHCLU, yang pertama kali melontarkan kata-kata ini. Ungkapan yang dilakukan berulang-ulang dimulai sejak 2006 lalu adalah dia keluarkan pada saat mengatakan sesuatu yang menarik, cantik, dan aduhai serta tidak lupa juga diungkapkan ketika sedang mengumpat seseorang.

"Wah ceweknya ndembig-ndembig", katanya ketika melihat anak-anak ABG berseragam putih abu-abu yang PKL di BAPPEDA yang cakep dan cantik-cantik.
Ketika dia diledek sama temen-temen maka dia bilang, "dasar cah ndembig"!!! Begitu ungkapnya

Awalnya, temen-temen bingung dengan kata-kata aneh tersebut. Namun ketika selalu diucapkan dan selalu didengar maka menjadi sebuah kata yang lazim di kalangan temen-temen PATTIRO Magelang. Kami mencoba memaknai dan mengira-ira artinya. Akhirnya, disimpulkan bahwa jika Ibin sedang senang karena melihat sesuatu yang menyenangkan akan bilang ndembig, ketika sedang susah dan terpojok mengungkapkan kata ndembig juga, maka kesimpulannya adalah bahwa NDEMBIG adalah ungkapan untuk memuji sekaligus mengumpat ala Ibin.

Maka selanjutnya kata NDEMBIG menjadi kosakata baru di Magelang. Itulah larah-larahe kata NDEMBIG.

0 komentar: